ERD RELATIONSHIP

SOAL MID SEMESTER GANJIL GW KMAREN
+ JAWABANNYA


Sebuah lembaga pendidikan ingin menerapkan Sistem informasi berbasis Komputer. Sebagai langkah awal lembaga ini ingin membangun suatu database yang dapat menggambarkan aliran penyimpanan data. Berikut beberapa pernyataan mengenai gambaran sistem informasi yang akan dibangun :
Didalam lembaga ini terdapat beberapa beberapa Fakultas, dimana sebuah Fakultas membawahi sejumlah Jurusan.
Pada sebuah jurusan terdapat beberapa program studi, dan satu program studi hanya terdapat di satu jurusan.
Pada satu jurusan terdapat beberapa pengajar dan setiap pengajar hanya terdaftar di satu jurusan.
Setiap pengajar dapat menjadi dosen wali bagi beberapa mahasiswa, dan setiap mahasiswa hanya memiliki satu dosen wali.
Setiap pengajar dapat mengajar beberapa kelas dan satu kelas hanya diajar oleh satu pengajar. Pengajar yang sedang cuti tidak akan dijadwalkan mengajar.
Pembagian kelas dibagi berdasarkan per semester. Didalam satu kelas hanya mengajarkan satu mata kuliah, dan sebaliknya satu mata kuliah hanya dijadwalkan didalam satu kelas saja.


Pada setiap program studi terdapat beberapa mata kuliah yang ditawarkan, dan satu mata kuliah hanya diajarkan disatu program studi saja.
Catatan : Di program studi yang berbeda bisa terdapat nama mata kuliah yang sama namun dibedakan oleh suatu kode yang bersifat unik.
Setiap mahasiswa hanya dapat mengambil satu program studi dan satu program studi dapat diambil oleh beberapa mahasiswa.
catatan : Ada kemungkinan satu program studi tidak memiliki satupun mahasiswa.
Pada awal semester, setiap mahasiswa dapat mengambil beberapa kelas sekaligus, dan Pada awal semester setiap kelas dapat diambil oleh banyak mahasiswa.
catatan : Ada kemungkinan satu kelas dalam satu semester tidak ada satupun mahasiswa yang mengambil, sehingga kelas tersebut akan dipindah ke semester berikutnya.
Dalam setiap tahun akademik terdapat dua semester, sehingga data tahun akademik harus dicantumkan sebagai penanda tahun pengajaran untuk mengetahui kapan mahasiswa mengambil suatu kelas. Data tahun akademik akan ditampilkan dalam Kartu Studi Mahasiswa
Setiap akhir semester, mahasiswa akan mendapatkan penilaian atas hasil yang dicapainya untuk setiap kelas yang telah ditempuh. Untuk itu maka data nilai mahasiswa untuk masing-masing kelas yang dipilihnya juga harus dicantumkan. Data nilai akan ditampilkan dalam Kartu Studi Mahasiswa


Data-data yang ingin ditampilkan :
Fakultas : Nama Fakultas
Jurusan : Nama Jurusan, Fakultas
Program Studi : Nama Program Studi, Jurusan
Mata Kuliah : Nama Mata Kuliah, SKS, Program Studi
Pengajar : Kode_dosen Nama, gelar, Jurusan
Mahasiswa : Nobp, Nama, Alamat, TTL, Agama, Program Studi, DosenWali, Asal sekolah
Kelas : Semester, Mata Kuliah, Pengajar
Data lain-lainnya : Tahun Akademik, Nilai

GAMBAR ER DIAGRAM

wdcfawqafwef