Kapur IX Gudang Gambir



Gambir merupakan komoditi spesifik Sumbar yang mengisi pasar dunia sampai 80 persen. Tercatat setiap tahun sekitar 20 ribu ton gambir Sumbar diekspor melalui berbagai perusahaan swasta, potensi produksi gambir Sumbar setiap bulan 1.000 ton.
Namun potensi ekspor Sumbar cuma 100 ton per bulan..
Kapur IX yang penduduknya 90 persen bertani gambir merupakan tulang punggung bagi kehidupan gambir di Sumatera Barat..

Setelah pada bulan Oktober 2008 kemaren Wakil presiden Jusuf Kalla meresmikan ekspor perdana gambir PT Andalas Tuah Sakato, perusahaan milik Pemerintah Propinsi Sumatera Barat.
masayarakat Kapur IX sangat Berharap banyak dengan hal ini, karena harga gambir di Kapur IX sering membuat petani khawatir, karena harganya yang turun secara tiba - tiba.

1 Response to " Kapur IX Gudang Gambir "

  1. aslm..betapa banyak sarjana yang dihasilkan melalui gambir yang dikampo oleh orang tua kita, tak terhitung lagi betapa banyak pelajar dan mahasiswa yang menuntut ilmu dengan piti gambir,,,pertanyaannya apa yang sudah kita berikan kepada gambir,,selama ini apa kontribusi kita untuk meningkatkan harga dan mutu gambir,,haruskah kita menunuggu dan menunggu,,,mana sarjana pertanian,mana pejabat kita,,harus ada langkah yang nyata dari kita untuk meningkat kan haraga dan mutu gambir, Kita berharap orangtua kita tak lagi terjebak dengan permaianan harga TOKE

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Kunjungannya, Semoga Tulisan Di Blog sederhana ini bermanfaar, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar dan Pesan yaa, dan jangan lupa untuk berkunjung lagi ke tempat kami.

wdcfawqafwef