Arsitektur Superkomputer Watson


Watson komputer adalah sebuah teknologi yang mampu mengkalkulasikan secara tepat untuk menjawab pertanyaan yang sangat kompleks, dengan menggunakan interface bahasa natural ungkap Guru Rao, yaitu seorang IBMers. Sehingga jika di implementasikan pada dunia enterprise maka teknologi Watson akan mampu menganalisa data warehouse terstruktur dan juga data warehouse yang tidak terstruktur untuk mendapatkan solusi BI  dengan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi dan tepat.
Super komputer watson menggunakan menggunakan arsitektur tinggat tinggi DeepQA dari IBM.DeepQA diciptakan untuk menganalisis bahasa yang rumit, memberikan jawaban yang tepat atas petunjuk, seperti di jeopardy. Semua dilakukan dalam kecepatan tinggi, dan menganalisa informasi secara real time. Piranti-piranti lunak watson dikerjakan dengan menggunakan bahasa java dan c++. Serta memakai sistem pendistribusi file Apache hadoop, framework apache UMA(Un-structured Management Architecture), serta sistem operasi SUSE Linux Enterprise server 11.
Bicara soal teknologi canggih ini, Watson dibuat dengan menggunakan teknologi parallel computing, berjalan dengan menggunakan Power7 processor dengan kemampuan 2,680 CPU core. Selain itu, Watson juga menyimpan informasi hingga 15TB didalam memory dan hanya 1TB saja yang digunakan secara konstan untuk memproses pertanyaan dan jawaban ungkap Rao said. Dengan menggunakan algoritma khusus, dan juga memanfaatkan input dengan bahasa natural membuat teknologi Watson tidak ada yang menandingi, sementara software lainya masih memanfaatkan algoritma yang di asosiasikan dengan query dan keyword. dan kita sendiri yang harus memutuskan untuk memilih informasi yang tepat.

wdcfawqafwef