Jago Tabek, Jagonya

Jago Tabek, itu mungkin nama yang tak asing lagi bagi masayrakat muaro paiti, kapur sembilan umumnya, terkenal sudah lama dengan ikannya yang beranekaragam, berpuluh tahun sudah dijalani oleh Arip dan keluarga sebagai penjual ikan.
Mulai dari ikan keramba, ikan patin, lele dan lainnya sudah pernah dijual, kawasan pemasarannya pun sudah tidak diragukan lagi, bahkan riaupun sudah pernah dijelajahi.
Beberapa bulan terakhir keluarga pengusaha ikan itu disibukkan dengan ide dan kegiatan baru, berawal dari adanya sebuah kolam renang di pinggir sungai batang kapur, mereka mulai meritis untuk membuat tempat pemandian bagi masyarakat terutama anak anak disore hari, tempat pemandian yang jadi sorotan masyarakat, peresmian kolam itupun dilakukan secara besar besaran dengan mengajak orang sekampung makan bersama dirumahnya dan mandi gratis pada hari itu.
Tepat pada hari raya idul fitri yang lalu, sebuah pondok / kedai didirikan ditepian batang air itu, pemandangan yang disuguhkan dari tempat itu cukup indah untuk menikmati keindahan alam sambil ngopi.
Di hari raya idul adha, mereka mengadakan sebuah acara selaju sampan, sewaktu penulis mengunjungi acara, telihat antusias pemuda muaro paiti untuk berselaju sampan, memang kreatif juga mereka bikin acara, sebagaian selaju sampan, sebagian mandi di kolam, sebagaian lagi diajak keliling sungai dengan segol. Cukuplah untuk hiburan dihari raya idul adha, yang mana biasanya nagari memang tidak mengadakan acara kepemudaan pada hari raya idul adha ini.
(frd)

wdcfawqafwef