Memori Pada Komputer


Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semaki besar memori yang disediakan, maka semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolah.

Tipe tipe Memori Pada Komputer

RAM(Random Access Memory)
Memory ini adalah memori utama, istilah dari RAM ini digunakan untuk memori yang berfungsiuntuk membaca dan menuliskan data. Denan fungsi tersebut maka anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus,yaitu menulis d dari RAM dan membaca dari RAM
RAM juga merupakan ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau di baca oleh prosesor, dan bersifat sementara. Slot memori pada motherboard 30pin (kaki).

ROM(read-only memori)
Hampir sejumlah besar komputer memiliki ROM yang memegang instruksi untuk menyalakan sebuah komputer, tidak seperti RAM, ROM tidak bisa digunakan untuk menulis data

PROM(programable read-only memory)
A PROM adalah chip memori yang dapat menyimpan program. tetapi seklai PROM digunakan, kita akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali datanya

EPROM (erasable pregrammable read-only memori)
EPROM adalah jenis khusu dari memori PROMP, dimana EPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan cahaya ultraviolet

EEPROM (electrically erasable programmable read-only memori)
EEPROM merupakan tipe khusus dari PROM, dimana EEPROM ini dapat dihapus dengan tegangan listrik

Di dalam memori komputer juga terdapat istilah memori fisik dan memori virtual. Memori fisik yaitu data yang disimpan sementara yang merujuk pada media penyimpanan data. Maksudnya adalah ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itu, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam mediapenyimpanan permanen (berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk),sehingga data tersebut dapat dibuka kembali pada lain waktu.
Penggunaan Memory Komponen utama dalam sistem komputer adalah Arithmetic Logic Unit (ALU),
Control Circuitry, Storage Space dan piranti Input/Output. Seperti penggunaan teks,angka, gambar, sudio dan video dikonversikan menjadi sekumpulan bilangan binary (binary digit atau disingkat bit). Sekumpulan bilangan binary dikenal dengan istilah BYTE, dimana 1 byte = 8 bits. Semakin besar ukuran memory-nya maka semakin banyak pula informasi yang dapat disimpan di dalam komputer (storage devices).
Kemudian memori virtual yaitu sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem.
Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidakdibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive.

Semakin berkembangnya teknologi di era globalisasi, maka tidak heran jika computer juga mengalami masa perubahan yang semakin drastis dan lebih baik lagi. Seperti contoh artikel untuk teknologi MRAM. MRAM adalah pengembangan memoridari fisikawan dan insinyur di jerman. MRAM itu sendiri adalah Magnetoresistive Random Access Memory. Memori ini selain lebih cepat dan hemat energi, tapi juga
dapat meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanandengan cara membalik arah kutub utara-selatan medan magnit. Dibentuk denganpilar-pilar kecil berukuran 165 nano meter, akan mengakibatkan magnet variabel pada atas lapisan akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas danakan memutar posisi elektron. Medan magnet ini akan berubah dan hanyamembutuhkan sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar.

wdcfawqafwef