Orang Kreatif Lebih Hebat Berbohong

MASSACHUSETTS - Dalam urusan mendapatkan uang, orang-orang kreatif cenderung lebih mudah menipu dibandingkan dengan mereka yang kurang imajinatif.

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyatakan bahwa tipe kreatif lebih terampil dalam mengutarakan alasan logis dari sebuah tindakan yang kurang etis.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengukur kecerdasan dan kreativitas dari 97 mahasiswa dari beberapa universitas lokal di begian tenggara Amerika Serikat (AS). Responden tersebut diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes psikologis. Kemudian dilakukan 5 percobaan untuk menentukan apakah orang-orang kreatif cenderung lebih mudah menipu, ketika dihadapkan pada situasi yang memungkinkan mereka membuat alasan logis untuk kebohongannya.

Salah satu eksperimen yang dilakukan dalam penelitian tersebut adalah, melihat berbagai gambar yang terbuat dari kumpulan titik pada dua sisi garis diagonal, dan harus menemukan sisi mana yang memiliki titik lebih banyak. Meskipun seandainya dicoba sampai 100 kali, hampir tidak mungkin mengetahui sisi mana yang memiliki lebih banyak titik.

Diwartakan melalui Livescience, Selasa (29/11/2011), seorang peneliti, Francesca Gino dari Harvard University mengatakan, "Kreativitas yang lebih besar membantu individu menyelesaikan berbagai jenis tugas sulit, tapi letupan-letupan kreativitas dapat menyebabkan individu memilih cara yang tidak etis ketika mencari penyelesaian sebuah masalah atau tugas."

Para peneliti mencatat bahwa mereka menciptakan situasi yang membuat responden tergoda oleh uang dan melakukan penipuan. Lebih lanjut, diperlukan penelitian mendalam mengenai masalah ini.(okezone)

wdcfawqafwef