Cara Proteksi Blog supaya tidak bisa di Copy Paste

Bagi anda yang kontent blog yang ada diwordpress tidak ingin di copi paste orang (istilahnya copas gitu), plugin Blog Protector ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan. Pasalnya dengan menggunakan plugin Blog Protector mampu melindung isi kontent blog anda dari serangan copas pengunjung. Plugin Blog Protector ini berlisensi free alias gratis, jadi anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membelinya.
Plugin Blog Protector ini anda download dihttp://wordpress.org/extend/plugins/blog-protector/. Beberapa fitur yang disediakan oleh plugin Blog Protector ini adalah:
  1. Disable right click on your blog (mematikan fitur klik kanan mouse)
  2. Disable selection of text on your blog (mematikan fungsi blok/menyeleksi teks)
Untuk bisa menikmati fitur tersebut, anda harus mengaktifkan dulu plugin Blog Protector ini lewat wp-admin wordpress anda. Berikut langkah detail dalam memasang plugin Blog Protector ini:
  1. Dowload plugin WP-Content protector.
  2. Up load hasil dowload tersebut ke direktori /wp-content/plugins/ directory di blog kita menggunakan Filezilla atau lewat C-panel.
  3. aktifkan plugin melalui menu di wp-admin blog.
  4. lakukan setting pada plugin untuk mengatur dan mengaktifkannya.
Apabila plugin ini tidak berfungsi, kita bisa mengecek theme yang kita gunakan apakah ada perintah  atau tidak di footer.php, kalau tidak perlu dilakukan edit pada theme kita dengan menambahkan kode diatas pada padafooter.php sebelum tag ‘< /body >’
Selain plugin Blog Protector, masih ada juga plugin sejenis dengan fungsi hampir sama yaitu wp-cpyprotect yang bisa anda download DISINI
Sebelum anda memasang plugin ini mungkin pendapat saya bisa menjadi bahan pertimbangan. Bukan sebuah hal yang begitu menarik ketika content dalam blog kita tidak bisa di copas. Dan tidak semua pengunjung meng-copas artikel yang kita miliki untuk diposting ke blog mereka. Mungkin ada sebagian pengunjung kita copas artikel dari blog kita untuk bahan materi atau tugas. Jadi apa salahnya jika kita membantu mereka untuk mencari artikel yang diinginkan.
Justru akan lebih bijaksana jika kita memberikan ijin untuk copas artikel kita dengan syarat mencantumkan link sumber. Bloger juga manusia yang mempunyai hati dan otak untuk berfikir. Jika mereka menghargai rekan blog dan menghargai blog mereka sendiri, maka pasti akan mencantumkan link, dan bayangkan jika satu artikel kita di-copas oleh ribuan bloger yang ada di indonesia. Wah, panen backlink kita tentunya.
Mungkin anda berfikir, ya kalau yang copas orang yang tau diri, kalo yang copas justru orang yang gak tau malu ? Ya gak masalah khan, hitung saja sedang membantu bloger lain dalam mengembangkan usahanya, kita cukup menharapkan pahalanya saja. Dengan demikian kita tetap semangat dalam ngeblog. Toh pengunjung lambat laun pasti pasti tau lah mana pemilik kontent yang ori sama yang copas.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung sobatpc semua. Terima kasih

wdcfawqafwef