Cewek Lebih Agresif ketika Aktif di Facebook dan Twitter


Jejaring sosial Facebook atau layanan microblogging seperti Twitter ternyata membuat wanita terlihat agresif dalam mengungkapkan pernyataan atau isi hatinya.
Bukan hal yang baru lagi bahwa status Facebook atau kicauan di Twitter menjadi tempat untuk berkeluh kesah atau malah tempat pelampiasan emosi oleh para remaja lakui-laki maupun perempuan, namun remaja perempuan akan lebih menonjol dan lebih agresif.
Ahli bahasa percaya bahwa bahsa yang digunakan oleh remaja perempuan atau cewek lebih singkat, lebih tajam dan langsung pada permasalahan tanpa banyak basa basi bahkan berbicara pada orang yang lebih tua sekalipun.
Kenapa hal ini hanya terjadi pada cewek saja? Hal ini diklaim karena cewek lebih sering berkomunikasi daripada cowok.
Marie Clair yang berasal dari Plain English Campaign mengatakan bahwa penggunaan internet khususnya layanan seperti Facebook dan Twitter membuat cewek hanya menggunakan sedikit waktu untuk memilih kata, sehingga hal ini menyebabkan mereka terlihat lebih agresif dan tajam.
“Bahasa orang muda umumnya lebih langsung tanpa banyak basa basi, berbeda dengan para orang tua dan komunitas bisnis. Itu mungkin mengapa mereka terlihat lebih agresif, singkat, tajam dan to the point,” kata Marie Clair.
Penggunaan Twitter dan layanan SMS yang membatasi jumlah karakter yang mengakibatkan semakin sedikitnya kosa kata menyebabkan mereka tidak terlalu lama memilih kata untuk diucapkan, hal ni pun berpengaruh pada komunikasi di dunia nyata.
“Jika Anda bisa mendapatkan kata-kata yang tepat dengan apa yang Anda maksudkan akan lebih mudah diterima, namun pemilihan kata yang kuran tepat menjadi terlihat agresif dan kasar,” tambah Marie Clair.
Seperti yang dikutip dari Telegraph, tampaknya layanan yang membatasi karakter atau kosa kata seperti Twitter, SMS dan Facebook cukup berpengaruh dengan bagaimana cara remaja mengungkapkan pernyataan.

wdcfawqafwef